English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

11 August 2010

Tips Sehat Ketika Puasa

Dua keluhan terbesar saat puasa, selain lapar tentunya, yaitu bau mulut jadi nggak sedap, dan maag jadi kambuh, eitss, jangan sampai itu jadi penghalang! Malu dong kalau nggak puasa... So, just follow these tricks!
Mulut Tidak Bau

Kenapa Puasa Jadi Bau Mulut, Ya?
·     Karena sejak imsak sampai maghrib lambung kita dalam keadaan kosong. Keadaan ini menimbulkan hawa yang keluar lewat mulut menjadi tidak sedap.
·     Lama tidak minum, mulut jadi kurang saliva atau air ludah. Saliva selain berfungsi menjaga keseimbangan cairan, bisa membasahi dan membersihkan rongga dan membunuh bakteri patogen. Nah, karena berkurangnya saliva, bakteri itu bertambah banyak dan menimbulkan bau.
·     Bau mulut juga bisa pertanda sakit, atau ada kelainan dalam mulut. Misalnya, karena gigi berlubang, sisa akar, karang gigi, radang gusi atau tambalan gigi yang rusak
Tricks:
·     Cukup minum air putih saat sahur, dan banyak makan sayur dan buah yang berkadar air banyak kayak melon, semangka atau jeruk.
·     Hindari makanan yang menimbulkan bau kayak bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, durian, ikan, daging, dan berbagai produk susu.
·     Gosok gigi setelah sahur, setelah berbuka puasa, dan sebelum tidur.
·     Perhatikan juga kebersihan lidah. Permukaan lidah itu tempat nyaman untuk perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut.
·     Kalau perlu, pakai dental floss biar bersihnya semakin tunas.
·     Pakai cairan kumur antiseptik saat sahur, terutama yang mengandung essential oil, yang ampuh membunuhkuman penyebab bau mulut. Tapi, juga jangan berlebihan karena cairan kumur bisa menyebabkan iritasi dan merusak lingkungan biologi di dalam mulut.
·     Tidak meroko dan mengurangi minuman berkafein.
·     Oh ya, biasanya bibir juga jadi kering banget pas puasa. Boleh aja pakai lip-gloss, tapi bibir jgn dijilat, ya!

Perut Bersahabat

Saat Puasa, Apa yang Terjadi Pada Lambung?
·     Setelah empat jam dari sahur, lambung sudah kosong dan beristirahat sampai berbuka. Walaupun tidak ada makanan, asam lambung tetap dihasilkan. Dan jika berlebihan, bisa menyebabkan sakit maag. Berubahnya pola makan kita akan mengubah pola produksi asam lambumg juga. Nah, proses penyesuaian ini juga menimbulkan maag.
·     Meskipun perut kosong sekitar 14 jam, kita tidak perlu cemas. Tubuh punya cukup energi untuk beraktivitas., yaitu dari cadangan energi berupa lemak dan glikogen yang ada di kulit.
Tricks:
·     Maag saat puasa bisa dipengaruhi makanan dan minumankita saat sahur dan buka. Jadi hindari:
-     Makanan terlalu pedas dan terlalu asam.
-     Makanan yang kandungan gasnya tinggi, seperti kol, nangka, ubi, minuman bersoda, alkohol, dan kopi.
-     Karbohidrat yang gasnya tinggi kayak beras, ketan, mie, bihun.
-      Gorengan, karena melemahkan klep kerongkongan bawah yang membuat naiknya cairan lambung ke kerongkongan.
-     Merokok, karena juga bisa meningkatkan asam lambung.
·     Sering nervousdan stress bisa membuat asam lambung meningkat, mengikis lapisan lambung, lalu perut terasa perih. Jadi sebaiknyapikiran selalu rileks selama puasa.
·     Sudah banyak sekali obat maag yang mampu menekan produksi asam lambung hingga 12 -- 24 jam. Tapi tetap dengan resep dokter, ya! 
 Sumber : Aneka Yes
Artikel disini berguna bagi anda?, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis. Atau berlangganan via email, dengan begitu anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di 54k1jo.blogspot.com

0 komentar Untuk "Tips Sehat Ketika Puasa" :


Post a Comment

silahkan isi kotak komentar di bawah ini karana bagi yang sudah membaca wajib memberi komentar

← Next previous home
 

recent comment

Teman-TemanKU

Recent Post